HARI PANGAN SEDUNIA





               Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Jember bersama dengan HIMATIRTA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri Pertanian), Garuda Keadilan, MITI dan SKIM dari Poltek atau bisa disebut sebagi aliansi anak-anak pangan daerah Jember  bersama-sama mengadakan Hari Pangan Sedunia (HPS) atau biasa dikenal sebagai World Food Day pada tanggal 16 Oktober tetapi dari dilaksanakan pada tanggal 21 Oktober – 22 Oktober 2017 karena menyesuaikan dari hari libur para anggota organisasi tersebut. Menurut Angga selaku Kepala Departemen Peduli Pangan Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian Universitas Jember hal yang melatar belakangi acara ini sebagai anak pangan sudah sepatutnya kita harus melestarikan pangan lokal karena pada saat ini pangan lokal mulai tersisih oleh pangan-pangan luar seperti fast food dan lain-lain, sehingga dengan acara ini diharapkan tumbuhnya minat masyarakat akan mengkonsumsi pangan lokal.

               Peringatan HPS (Hari Pangan Sedunia) dimulai pada tanggal 21 Oktober 2017 dengan melakukan sosialisasi pangan lokal yang dilaksanakan di SMA Nuris. Pada tanggal 22 Oktober 2017 merupakan puncak acara dari Hari Pangan Sedunia ini dengan dilaksanakan pada Alun-Alun Kota Jember yang bertepatan pada Car Free Day. Peringatan ini dilakukan dengan Long March pada sekitaran Alun-Alun dan juga membagikan pangan lokal pada masyarakat secara gratis. Selain itu juga dilakukan orasi mengenai pentingnya pangan lokal dan Flash Mob yang dilakukan oleh seluruh anggota dari beberapa organisasi yang telah disebutkan.

            “Karena pada masa ini pangan lokal mulai tersisihkan dan kurangnya minat masyarakat dalam mengkonsumsi pangan lokal, sehingga harapannya masyarakat dapat lebih mencintai pangan lokal” Tutur Ambar selaku Penanggung Jawab Hari Pangan Sedunia


Komentar