“HIMAGIHASTA UNTUK NEGERI”

Untuk Pertama Kali, SBI SEMANGGI Berjalan Lancar


Sabtu (22/02) merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh Pengurus HIMAGIHASTA khususnya Departemen Pengabdian Masyarakat dan HMPPI (Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia). Ya.. karena pada hari itu salah satu kegiatan pengabdian masyarakat untuk pertama kalinya dapat terlaksana. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertajuk HIMAGIHASTA UNTUK NEGERI dan mengambil tema SBI SEMANGGI (Semarak Berkarya untuk Negeri dengan Semangat Berbagi Ilmu dan Teknologi) dan bertempat di Desa Kamal, Kecamatan Arjasa Jember. Dalam kegiatannya, pengabdian masyarakat dibagi menjadi dua progarm inti yakni Penyuluhan Pangan ke SD 02 Kamal dan Bina Desa. Dan untuk program perdana yang dilaksanakan adalah Penyuluhan Pangan ke SD 02 Kamal yang dilaksanakan pada hari Sabtu.
                Penyuluhan Pangan ke SD 02 Kamal  berjalan lancar dan cukup mendapatkan tanggapan positif dari pihak sekolah. Hal ini terbukti dari antusias siswa siswi dalam mendengarkan dan memberikan pertanyaan seputar materi yang disampaikan oleh tim pemateri. Materi yang disampaikan adalah Sanitasi Pangan dari Departemen Pengmas dan Keamanan Pangan dari HMPPI. Masing-masing penyampaian disediakan estimasi waktu sebanyak 35 menit. Bukan hanya penyampaian materi saja, namun juga dilakukan games dan tebak-tebakan ringan seputar pangan agar para siswa tidak merasa jenuh dan sebagai review ulang tentang materi yang telah disampaikan.
                Tidak hanya sampai disitu, penyuluhan hari itu diakhiri dengan pembagian jajanan lokal sekaligu memperkenalkan contah pangan sehat dan bergizi. Dengan lahapnya para siswa di SD 02 Kamal memakan jajanan yang telah dibagikan. Tidak lupa pula para gurupun juga menikmati jajanan yang kita berikan. Penyuluhan ini tidak hanya dilakukan sekali, namun akan berlanjut pada akhir bulan Maret (22/03) dengan materi yang lebih beragam lagi. Jika tidak ada kendala, maka pada bulan April (12/04) kegiatan Bina Desa akan segera dilaksanakan. Tentunya kegiatan ini dapat terselenggara atas kerja sama dari berbagai pihak dan seluruh pengurus HIMAGIHASTA. Semoga pengabdian masyarakat berjalan sesuai harapan dan bermanfaat kita semua. HIMAGIHASTA.. Jaya Selalu Berkarya YES!!! (Radya Tantri /HIMAGIHASTA)

                

Komentar